Minggu, 29 Mei 2016

Kuliner Khas Trenggalek

           Halo sahabat blog,,, kali ini saya akan memposting sedikit tentang kuliner yang ada di Kota saya.. Btw nii yaa,, kalian udah pada tahu belum Kota Trenggalek?? kalo belum,, lihat postinganm
ku sebelumnya ya.. Sebernarnya kalo boleh cerita sedikit ni ya,, Trenggalek itu menyimpang sejuta pesonanya,, ya walaupun masi kurang dikenal khalayak umum.. tapi lambat laun generasi muda sedikit demi sedikit mulai memperkenalkan kota kami.. Itu sepenggal cerita kotaku.. sekarang mari kta simak kuliner yang ada di Trenggalek.
1. Sego Tiwul

    Dalam bahasa Indonesianya adalah Nasi Tiwul, yaitu nasi yang terbuat dari ketela. sego tiwul ini lebih nikmat jika disantap saat masih hangat, dan biasanya masyarakat Trenggalek lebih menyukai jika dicocol dengan sambal teri atau yang berbau sambal.. tapi kembali pada diri masing-masing sih, sego tiwul cocok dimakan sama apa aja kok. Aku paling suka kalo makan sego tiwul itu masih hangat yang dicampur dengan paritan kelapa dan ditambah sama gula pasir atau garam.. pengen coba??? ayoo ke Trenggalek..
2. Sego gegok


     Nah yang satu ini banya sekali penggemarnya. Selain harganya yang sangat terjangkau, nasi gegok ini juga identik dengan rasa pedas,, Nasi gegok adalah nasi yang dicampur dengan sambal teri yang dibungkus dengan daun pisang.. Makanan ini seperti lontong tapi mirip nasi kucing.
3. Ayam Lodho

      Ayam Lodho adalah ayam kampung muda yang dimasak dengan bumbu pedas, dengan campuran santan dan kaldu ayam kampung yang gurih. Sebelum dimasak dan dicampur dengan bumbu-bumbunya, terlebih dahulu ayam kampung ini diasap atau dibakar. Citarasa ayam lodho terletak pada kuah santan yang kental, gurih, lezat, aroma cabe yang pedas serta ayam bakar yang wangi. Ayam lodho ini biasa disajikan dengan nasi putih hangat dan urap sayur, bagi Anda pecinta ayam bakar menu ini layak dicoba. Ayam lodho yang terkenal adalah Ayam Lodho Pak Yusuf, berada di desa Kedung Lurah, Kecamatan Pogalan.
4. Pindang Sapi

      Anda pernah makan pindang? Pindang pada umumnya menggunakan daging ikan sebagai bahannya. Namun pernahkan anda menikmati pindang dari iga sapi? Jika anda berkunjung ke trenggalek anda bisa mencicipi yang namanya pindang sapi.
      Untuk membuat pindang sapi khas trenggalek ini, rebus iga sapi dalam air yang mendidih selama satu jam. Sambil menunggu iga sapi direbus maka saatnya membuat bumbu untuk pindang, tumis bawang merah, bawang putih , cabai dan kencur setelah matang angkat dan pindahkan ke ulekan lalu campur dengan garam, haluskan bahan ini hingga merata, Kemudian tambahkan kluwek dan haluskan kembali. Setelah bumbu halus masukkan kedalam rebusan iga sapi. Aduk bumbu hingga teracmpur merata kedalam rebusan.
      Setelah bumbu tercampur saatnya tumbuk lengkuas dan masukkan kedalam rebusan bersama daun salak dan daun jeruk, aduk kembali hingga semua bahan tercampur hingga aroma sedap tercium. Terakhir saatnya mencampurkan santan, aduk kembali lalu tunggu hingga mendidih selama satu jam. Seetelah matang lalu taburkan cabai kecil kedalam pindang sapi, agar pindang sapi lebih nikmat dan bumbunya menyerap, inapkan pindang sapi selama satu hari , setelah diinapkan pindang sapi pun siap disajikan. 

        Nah itu dia guys kuliner khas kota trenggalek, laik waktu kalo singgah ke kota kami yjangan lupa mencicipi makanan khas di kotaku.. Dijamin kalian bakal ketagihan dehh..


4 komentar:

  1. Ooops masih ada yg kurang mbk 😆 "Ojo ngaku wong galek lak durung pernah nyambel plelek"

    BalasHapus
  2. Ooops masih ada yg kurang mbk 😆 "Ojo ngaku wong galek lak durung pernah nyambel plelek"

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggeh mas,, njenengan asli nggalek nggihan?? monggo dipun lestareaken khas Trenggalek...

      Hapus