Minggu, 29 Mei 2016

RPP Kelas V Semester 2




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KELAS V SEMESTER 2

Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah “Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia” yang dibina oleh Dra. Suhartiningsih, M.Pd


Oleh:
Kelompok 8/ Kelas B

1.         SITI NUR GUMILANG                  (150210204016)
2.         EKA NOVITASARI                         (150210204028)
3.         FIRDA AMELIA SAFITRI            (150210204043)
4.         ENDAH PUTRI TANJUNG. S.       (150210204049)
5.         MEGA ANUGRAH                          (150210204112)




PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
JURUSAN ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JEMBER
2016
Bidang Studi              : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester         : V/ 2
Fokus                          : Mendengarkan
 

A.  Standar Kompetensi
Mendengarkan
5.    Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan.
B.  Kompetensi Dasar
5.1      Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan.
C.  Indikator
1.    Siswa mendengarkan cerita tentang suatu peristiwa.
2.    Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan Guru.
3.    Siswa menanggapi suatu masalah disekitar.
D.  Tujuan Pembelajaran         
1.    Siswa dapat menjelaskan cerita tentang peristiwa dan memberikan komentar/saran yang logis dengan bahasa yang santun.
E.   Skenario
Ø  Kegiatan Awal
1.      Guru masuk ke dalam kelas mengucapkan salam.
2.      Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
3.      Guru menanyakan kabar para siswa.
4.      Guru mengadakan apersepsi dengan cara rnempresensi kehadiran siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib nasional secara bersama-sama.
5.      Guru melakukan tanya jawab tentang peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar
6.      Salah satu siswa diminta untuk bercerita tentang peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar dan siswa lain menanggapi cerita  tersebut.

Ø  Kegiatan Inti
1.      Guru menjelaskan rnengenai materi pembelajaran.
2.      Guru membacakan suatu cerita tentang peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar dan siswa mendengarkan.
3.      Siswa diminta untuk menanggapi isi cerita tersebut dengan bahasa yang santun.
4.      Guru  bertanya tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
5.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahpahaman, memberikan penguatan  dan kesimpulan.

Ø  Kegiatan Akhir
1.      Siswa diberi tugas untuk menuliskan cerita tentang suatu peristiwa di lingkungan sekitarnya dan mengomentari cerita dengan memberikan alasan logis dan menggunakan bahasa yang santun.
2.      Salah satu siswa diminta untuk memimpin do’a.
3.      Guru mengucapkan salam sebagai tanda pelajaran telah usai.



0 komentar:

Posting Komentar